Sejarah Jembatan Cirahong Perbatasan Ciamis-Tasikmalaya

 Sasak Cirahong

Sejarah Jembatan Cirahong Perbatasan Ciamis-Tasikmalaya - Kita ketemu lagi dengan nyeleneh, karena dalam beberapa waktu ke belakang tidak bisa posting. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar sejarah pembanguna jembatan Cirahong perbatasan Ciamis-Tasikmalaya Jawa Barat.

Oke, kita langsung saja ke inti pembahasannya. Jembatan Cirahong letaknya di Desa Manonjaya, Tasikmalaya. Di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Ciamis, Jawa Barat. Jembatan ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda, atau tepatnya pada 1893.

Jembatan tersebut panjangnya mencapai 200 meter. Lebarnya tidak lebih dari 2 meter. Dua penyanga beton setinggi 46 meter terlihat kokoh menopangnya. Di bagian atas, besi-besi terlihat saling bersilang, menjaga bentang Cirahong, dari ujung ke ujung. Di atas jembatan, terdapat rel kereta api jurusan Bandung-Surabaya. Hingga kini, jalur tersebut masih aktif.

Jembatan Cirahong merupakan satu-satunya jembatan warisan Belanda di Kabupaten Ciamis, propinsi Jawa Barat. Kekokohan konstruksi ini, terbukti dari gempa bumi yang mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat.

Mungkin sekian saja yang dapat nyeleneh sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

2 Responses to "Sejarah Jembatan Cirahong Perbatasan Ciamis-Tasikmalaya"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar!